in ,

4 Tips Memilih Hosting Berkualitas Untuk Website

Tips Memilih Hosting Berkualitas

Tips Memilih hosting Berkualitas Untuk Website – Jika kita ingin membuat website, entah untuk keperluan pribadi, bisnis atau untuk mempromosikan suatu program. Maka dari itu, kita perlu memilih hosting berkualitas dan handal untuk website kita nantinya.

Penting buat kita untuk memilih hosting yang bagus untuk memasarkan bisnis kita, apalagi kalau bisnis yang kita jalani itu 100% online, untuk itu kita harus benar-benar memilih hosting berkualitas yang stabil dan handal.

Coba bayangkan jika hosting yang kurang stabil atau bermasalah maka otomatis kita tidak bisa melakukan banyak hal seperti, promosi, berinteraksi dengan konsumen maupun berkomunikasi lewat email.

Saya tekan kan lagi, Memilih hosting yang baik itu sangat penting, terutama buat kita yang membidik target pasar internasional atau telah memiliki jaringan yang besar.

…jadi, bagaimana memilih layanan hosting terbaik agar bisnis online kita sukses?

Tips Memilih Hosting Berkualitas Untuk Website

Tergantung dimana kita berada dan apa kebutuhan utama dari bisnis kita, jenis hosting yang dipilih bisa berbeda-beda.

Ada banyak macam hosting untuk website dari yang murah sampai yang mahal dan bahkan ada yang gratis tetapi jangan sampai terkecoh dengan harga yang murah apalagi yang gratisan.

…terkadang nggak ada salahnya juga kita cari yang murah, asal jangan yang murahan Pastikan juga kita melihat aspek-aspek penting lainnya saat memilih jasa hosting website.

Berikut adalah beberapa aspek penting yang harus diperhatikan dari sebuah jasa hosting sebelum kita memilihnya:

#1. Dimana Lokasi Servernya?

Lokasi server jasa hosting menentukan seberapa cepat orang bisa mengakses situs kita, dan siapa saja yang bisa mengaksesnya. Jika kita punya bisnis di Indonesia dengan target konsumen yang sebagian besar orang Indonesia, ada baiknya memilih hosting yang lokasi servernya juga di Indonesia.

Tapi terkadang, ada juga jasa hosting Indonesia yang servernya berada di luar negeri, jadi kita harus tanyakan terlebih dahulu untuk memastikannya.

#2. Apa Jenis Layanan Konsumennya?

Biasanya, website jasa memberikan kontak lewat email, tetapi untuk jasa server, ada baiknya mereka punya kontak yang bukan email, misalnya nomor telepon. Hal ini tentu saja untuk mengatasi kemungkinan jika email atau internet sedang mengalami gangguan.

Pastikan juga kita melihat berapa lama layanannya jika kita menggunakan website untuk bisnis di jam dan hari bisnis biasa, maka layanan konsumen yang hanya selama hari bisnis (Senin-Jumat) tak masalah.

Tapi, untuk kita yang menjalani bisnis online yang melayani penjualan selama 24 jam, ada baiknya juga kita memilih layanan konsumen yang 24 jam juga.

#3. Seberapa Cepat Layanan Server untuk Loading Website

Banyak hosting murah yang servernya terhitung sudah penuh sesak, sehingga website kita bisa sangat lambat untuk diakses. Hal ini bisa menyusahkan jika website kita memiliki berbagai fitur yang memerlukan server berkecepatan tinggi untuk menjalankannya.

Pastikan kita tidak menukar harga murah dengan kecepatan server. Jika kita tergantung 100 persen terhadap website, pilih yang memiliki jasa private hosting.

Yang paling penting, pastikan supaya jasa hosting tersebut memiliki rencana backup data seandainya ada masalah dengan server dan jaringannya, supaya website kita tetap selamat.

#4. Harga Hosting VS Kualitas

Logikanya, semakin murah sebuah jasa hosting, semakin rendah kualitasnya karena pengguna servernya pasti sudah banyak sehingga penuh sesak.

Akan tetapi, kasusnya tidak selalu demikian. Banyak jasa hosting yang menyediakan hosting murah khusus untuk website lokal, sehingga kita yang punya bisnis dengan orientasi lokal bisa memilih jasa hosting seperti ini.

Atau, bisa juga kita pilih jasa hosting yang cukup murah di awal, lalu ketika bisnis kita mulai berkembang, pindah ke hosting yang lebih mahal dan berkualitas.

Hosting yang agak mahal mengalihkan biaya mahal tersebut ke layanan seperti konsultasi, layanan konsumen, dukungan profesional, hosting yang tidak penuh sesak (bahkan bisa privat) serta layanan lebih bermutu.

Dengan demikian, layanan platform website bisa lebih diandalkan dan kita pun bisa yakin bahwa website kita akan lebih stabil untuk mendukung bisnis dengan baik.

Dan itulah ulasan singkat tentang Memilih Hosting Yang Bagus Dan Berkualitas Untuk Website, semoga bermanfaat.

Written by Farhamdani

Hanya seorang pria yang hoby cari receh di internet untuk melunasi cicilan panci, mari berteman dengan saya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

tips memilih niche blog

4 Tips Memilih Niche Blog Yang Tepat & Rekomendasi Niche Terbaik

5 Tips Jualan di Shopee Agar Laku Keras

5 Tips Jualan di Shopee Agar Laku Keras