in ,

4 Tips Memilih Niche Blog Yang Tepat & Rekomendasi Niche Terbaik

tips memilih niche blog

Sebelum membuat blog ada hal yang paling penting yaitu memilih niche blog yang tepat atau topik blog yang akan di share nantinya dalam bentuk artikel.

Saat kita membuat blog baru, dengan maksud memberikan informasi yang berguna bagi pembaca dengan tujuan untuk mengarahkan lalu lintas ke situs kita untuk menghasilkan uang.

Salah satu kesulitan terbesar dalam memulai sebuah blog adalah menentukan topik apa yang harus dipusatkan.

Kalau kita salah memilih niche blog, akan berpengaruh juga terhadap jumlah pengunjung blog tentunya.

…maka dari itu kita harus memilih niche yang tepat dan tentunya cocok untuk kita, kalau nggak cocok kita akan kesulitan dalam membuat konten.

Jangan ikuti blog saya ini yang isi kontennya campuran atau gado gado, 😁 karena ini bukan money site saya, bukan blog utama yang saya jadikan untuk mencari duit.

Di blog ini saya hanya berbagi apa yang saya bisa dan apa yang saya ketahui, jadi wajar saja kalau blog ini gado gado.

…sekali lagi jangan diikuti jika kalian memang ingin membuat money site.

Jika kalian baru di dunia blogging atau bahkan yang sudah lama dalam dunia blogging, dan ingin membuat blog baru dengan niche blog yang ramai pengunjung.

Jangan khawatir karena saya telah mencantumkan daftar niche blog yang mungkin relevan atau paling tidak menginspirasi kalian.

Seperti yang saya bilang tadi, Sebelum kita Membuat Blog hal utama yang harus kita perhatikan adalah untuk memilih topik atau Niche Blog Yang Bagus.

…itu penting agar blog kita mendapatkan kepopularitas maupun profitabilitas.

NICHE BLOG YANG BAGUS AKAN MEMUNGKINKAN UNTUK MENARIK PEMBACA SETIA, SETUJU.!

Sebelum kita masuk lebih dalam dengan pembahasan kita kali ini, mari kita cari tahu dulu Apa itu Niche Blog?

Pengertian Niche Blog

Niche Blog adalah suatu pembahasan dalam konten blog atau bahasa lainnya adalah topik atau membahas sesuatu yang lebih spesifik

Niche di ambil dari bahasa inggris kalau di artikan dalam bahasa indonesia artinya Ceruk atau topik.

Nah, tujuan kita memilih niche blog adalah agar kita fokus hanya membahas satu topik namun lebih spesifik dan nanti kita juga akan berbagi tentang segala aspek yang berkaitan dengan topik blog yang kita pilih atau biasa di sebut micro niche blog.

…contoh misalnya, kita memilih niche bisnis atau bisnis online, maka kita harus membahas yang berkaitan tentang bisnis online, seperti dropshiper, membangun jaringan reseller, beriklan, membuat konten marketing dan lainnya.

Tips Memilih Niche Blog Yang Tepat

Menentukan niche blog sebeneranya bukan hal yang terlalu sulit bagi para pemula, karena biasanya orang akan memaksakan kehendaknya atau terkadang ikut ikutan dengan blog orang lain.

…kalau kalian seperti itu tenang saja kalian tidak sendirian, sayapun begitu 😀

Dalam beberapa kasus dan pengalaman pribadi saya dalam dunia blogging selama ini, banyak para blogger pemula yang sibuk mencari daftar niche blog apa yang tepat untuk blognya, dan kejadian ini sering di ulang di ulang dan di ulang lagi.

Dari hal tersebut sebenanya kita bisa buat pelajaran, dan pada intinya nanti kita juga bakal menemukan titik terang atau poin dimana kita akan nyaman dengan niche yang kita pilih.

Kalau dari pribadi saya sendiri sih, bukan apa yang mereka kerjakan tapi tentang apa yang kita lakukan.

Jadi, saya udah bosan ikut ikutan blog orang, sekarang saatnya kita bangkit supaya orang yang mengikuti kita.

Dan, dari jawaban semua ini adalah bagaimana kita menentukan niche blog yang tepat ada pada diri kita sendiri.

Sebagai refrensi di bawah ini saya akan bagi tips memilih topik blog

#1. Menentukan Tipe Blog

Terlebih dahulu kita harus menentukan tipe blog karena niche blog akan ngikut dengan sendirinya.

kita harus tahu tujuan kita membuat blog untuk siapa dan untuk apa.?

Misal, kita membuat blog bisnis, berarti ditujukan untuk orang orang yang sedang mencari bisnis.

Nah, dari sini saja kita sudah bisa ambil kesimpulan niche blog yang tepat untuk blog kita ialah niche yang bersangkutan dengan bisnis.

Pastikan kita harus benar dalam menentukan dan jangan campur aduk antara bisnis, blog pribadi, download atau semacamnya.

contoh lagi, kita membuat konten bisnis dan besoknya kita membuat tentang keseharian kita. nah gimana kesan para pengunjung/pembaca blog? ini akan menurunkan nilai profesional kita.

Note: Jangan ikuti blog ini yang isi kontennya campur aduk, karena di blog ini khusus untuk saya meluangkan apa yang ada di pikiran saya, apa yang saya bisa dan apa yang saya ketahui. maka dari itulah saya menggunakan domain dengan nama saya sendiri.

#2. Harus Sesuai Dengan Bakat Atau Minat

Sebelumnya, kita harus mengetahui kemampuan atau minat kita di bidang apa??

…jadi simple saja, kalau kita punya keahlian di bidang komputer, kita gaskan saja langsung membuat blog dan membagikan konten yang berkaitan dengan komputer.

Kalau seperti ini kita akan lebih mudah dan nggak gampang kehabisan ide dalam membuat artikel.

contohnya, kita bisa membahas tentang hardware komputer, review komponen dari berbagai merk, tentang softwarenya.

Pokoknya kita bisa membahas segala aspek yang bersangkutan tentang komputer, paham kan?

Saya ada rekomendasi situs untuk mengasah skill dan mencari bakat baru nama situsnya Shaw Academy, disana kalian bisa belajar sesuatu yang baru dan ada trial 30 hari

#3. Jangan Ikut ikutan

Tadi saya sempet singgung untuk tidak ikut ikutan niche blog orang lain, karena belum tentu kita tidak punya keahlian yang sama dengan blog orang tersebut.

Akan tetapi, kalau kita punya bakat dan minat yang sama kita bisa menduplikasi blog tersebut, kita juga bisa mencari ide konten dari blog mereka

Contoh, kalau kita mengikuti blog yang sudah sukses. kita bisa lihat seperti apa format konten yang ia gunakan, bagaimana dia mendapatkan traffic?, bagaimana dia membuat backlink.?

Seperti yang di bilang sama mentor saya, kita bisa menggunakan teknik ATM (Amati Tiru Modifikasi) dengan begitu kita bisa punya patokan dan akan lebih mudah dalam mengurus blog.

#4. Cari Niche di Forum

Untuk mencari niche saya biasa menggunakan cara ini, masuk ke forum seperti Quora, atau Kaskus kalau di indonesia, disana kita bisa mencari topik apa yang ramai di perbincangkan.

Dari situ kita bisa punya refrensi memilih niche yang tepat dan bisa kita gunakan untuk blog.

Dari ke 4 Tips diatas mungkin akan saya tambahkan di lain waktu jika ada ide, atau mungkin kalian bisa kasih saran di kolom komentar. Terimakasih atas waktu dan kunjungan kalian 😊

Written by Farhamdani

Hanya seorang pria yang hoby cari receh di internet untuk melunasi cicilan panci, mari berteman dengan saya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

GIPHY App Key not set. Please check settings

cara membuat email tanpa no hp

Cara Membuat Email Gmail di Google Chrome Tanpa No Hp Terbaru 2021

Tips Memilih Hosting Berkualitas

4 Tips Memilih Hosting Berkualitas Untuk Website